Daftar Isi

WELCOME TO THIS BLOG

Wednesday, 13 January 2010

Untuk Generasi Anak-Anak Difabel Yang Lebih Baik

Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB) merupakan sebuah organisasi local di Yogyakarta yang bercita-cita besar akan terwujudnya masyarakat inklusif di Indonesia. Masyarakat inklusif yang dimaksud adalah sebuah masyarakat yang menjunjung keadilan, kesetaraan serta kesamaan hak bagi difabel, sehingga masyarakat difabel dapat berpartisipasi penuh secara inklusif dalam kehidupan social mereka. Sebagai bagian dari cita-cita tersebut, maka salah satu yang menjadi kerja SIGAB adalah mengembangkan serta mendiseminasikan unit-unit layanan yang mendukung pemenuhan hak difabel secara tepat yang secara lebih nyata diturunkan ke dalam penyediaan layanan, pendampingan dan advokasi pendidikan bagi anak-anak difabel untuk memperoleh hak mereka akan pendidikan secara tepat.



Untuk mewujudkan kerja tersebut, SIGAB pada Oktober 2009 telah mendirikan sebuah unit layanan yang diberi nama Rumah Belajar Pelangi.



Apakah Rumah Belajar Pelangi?



Rumah Belajar Pelangi merupakan sebuah layanan pendidikan yang didisain untuk memberikan jawaban atas kebutuhan khusus yang dialami oelh anak-anak berkebutuhan khusus seperti anak-anak dengan perbedaan kemampuan wicara/komunikasi, anak dengan keberbedaan kemampuan mental dan sebagainya yang dalam hal pendidikan pasti akan membutuhkan situasi, treatment, metode serta media pembelajaran yang berbeda. Anak dengan perbedaan kemampuan dengar misalnya, jika tidak tertangani secara tepat, pada usia sekolah mereka akan besar kemungkinannya mengalami kemiskinan bahasa yang pada gilirannya, mereka tidak akan dapat mengikuti proses belajar secara baik. Merekaakan tertinggal perkembangannya dibanding anak-anak lainnya. Malangnya itu terjadi bukan karena kualitas intelektual mereka yang lemah, melainkan karena tidak adanya layanan yang tepat bagi mereka. Kami menyediakan layanan pendampingan belajar bagi anak-anak pra sekolah maupun usia sekolah untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan khusus mereka dalam belajar.



Mengingat bahwa pendidikan adalah hak semua anak, dan bahwa merupakan hak setiap anak untuk berkembang sesuai dengan kapasitas individu masing-masing yang dimiliki, layanan kami diperuntukkan bagi setiap anak berkebutuhan khusus yang membutuhkan dan berada pada wilayah jangkauan kami. Tidak peduli apakah mereka berasal dari keluarga kaya atau kurang mampu, apakah mereka mampu membayar biaya investasi atau tidak, mereka tetap berhak menerima layanan kami.



Bagaimanakah Model Pembelajaran Yang Diberikan?



Kami berpandangan bahwa setiap anak, entah dia berkebutuhan khusus atautidak, mempunyai pribadi yang unik dan berbeda satu sama lain. Untuk itu, penyeragaman metode dan materi pembelajaran tidaklah merupakan solusi yang tepat. Dalam menyusun program pembelajaran, Rumah Belajar Pelangi mendahulukan assessment untuk mengukur tingkat kemampuan awal anak. Berdasarkan assessment itulah materi, metode, media serta program pembeljaran secara keseluruhan akan disusun dengan melibatkan komunikasi dengan orang tua. Dengan demikian, diharapkan program pembelajaran yang disusun benar-benar sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak.



Pengembangan Program



Saat ini, Rumah Belajar Pelangi sudah melayani sepuluh anak berkebutuhan khusus sejak pendiriannya, dan pada tahun 2010 ini kami mentargetkan untuk dapat memberikan layanan pembelajaran pada empat puluh anak berkebutuhan khusus di daerah istimewa yogyakarta.



Dukung Kami



Keberlanjutan unit layanan ini sangat tergantung pada dukungan dan swadaya masyarakat. Saat ini, penyelenggaraan program Rumah Belajar Pelangi masih didukung sepenuhnya oleh SIGAB. Bagi anda yang tertarik untuk memberikan dukungan berupa donasi maupun sumber daya lainnya untuk mendukung agar lebih banyak anak-anak berkebutuhan khusus yang kami layani, dapat mengirimkan ketertarikan dukungan melalui alamat kontak yang ada di bawah ini.



Hubungi Kami



Jika anda ingin bertanya seputar rumah belajar pelangi, silahkan hubungi alamat berikut:
Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB), Perum Sawitsari I/3, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55282


Atau hubungi Sumarsihono (coordinator rumah belajar pelangi) di:
Phone: 088802885300 / 02742115871


Pertanyaan dapat juga disampaikan melalui e-mail ke:
Sumarsihono atau SIGAB


No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda.

Post a Comment