Daftar Isi

WELCOME TO THIS BLOG

Wednesday 4 March 2009

Pers Release Dialog Publik Jelang PEMILU Kab Sleman "Menyoal Keberpihakan Caleg Terhadap Aspirasi Difabel"

Pers Release

Dialog Publik Jelang PEMILU 2009 Kabupaten Sleman

Menyoal Perspektif dan Keberpihakan CALEG Terhadap Aspirasi Difabel

Sekitar satu bulan lagi, prosesi pemungutan suara akan segera berlangsung. Momen perwujudan demokrasi ini menjadi hal yang sangat penting bagi rakyat Indonesia karena pada momen inilah mereka yang menjadi wakil rakyat akan dipilih. Selanjutnya, melalui mereka yang terpilih inilah, kebijakan akan dilahirkan untuk selanjutnya dilaksanakan oleh eksekutif.

Bagi difabel, momen pesta demokrasi ini justru menyisakan kekhawatiran. Pasalnya, semakin dekat dengan pelaksanaan PEMILU, hampir tidak ada calon legislatif yang mampu meyakinkan difabel akan keberpihakannya terhadap isu-isu dan kepentingan difabel. Bahkan, dalam kenyataannya, difabel cenderung diperlakukan sebagai pemilih pasif, yang hanya didekati untuk dimintai dukungan suara tanpa didengar aspirasi mereka. Hal ini merupakan indikasi dari sebuah pesta demokrasi yang tidak sehat, dimana difabel sebagai calon pemilih tak mempunyai posisi tawar terhadap siapa yang akan mereka pilih. Jika ini terus terjadi, maka difabel akan selalu dilupakan dan tak punya ruang dalam mainstream politik dan pengambilan keputusan.

Advokasi terkait dengan pemenuhan hak-hak difabel merupakan kerja panjang yang melibatkan banyak pihak, termasuk didalamnya adalah lembaga pembuat kebijakan seperti legislatif yang akan kita pilih dalam waktu dekat ini. Keberpihakan mereka terhadap isu-isu difabel akan menjadi faktor penting terhadap terwujudnya pemenuhan hak-hak difabel di Indonesia, khususnya di kabupaten Sleman ini. Jika para wakil rakyat saja tak tahu apa yang menjadi kepentingan dan permasalahan difabel, bagaimana mereka akan dapat berpihak dan memperjuangkan kepentingan difabel?

Untuk menjawab kekhawatiran ini, Sasana Integrasi Dan Advokasi Difabel (SIGAB), bekerja sama dengan organisasi-organisasi difabel di kabupaten Sleman akan menggelar dialog publik jelang PEMILU kabupaten Sleman dengan tema “Menyoal Perspektif dan Keberpihakan CALEG Terhadap Aspirasi Difabel”. Kegiatan ini akan digelar pada hari Kamis, 5 Maret 2009, pukul 08.30, bertempat di Op Room, Jl. Candi Boko, Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta (sebelah utara lapangan PEMDA Sleman Yogyakarta).

Melalui dialog ini diharapkan para calon legislatif akan lebih memahami aspirasi dan permasalahan difabel yang dapat mereka perjuangkan, sehingga akan muncul komitmen dan dukungan dari para calon legislatif untuk memperjuangkan isu-isu difabel ketika mereka terpilih nantinya. Dalam dialog ini juga akan dirumuskan kontrak politik antara difabel dan para calon legislatif sebagai wujud komitmen dan keterikatan moral mereka untuk benar-benar memperjuangkan hak-hak difabel.

Yogyakarta, 4 Maret 2009



M. Joni Yulianto M.A
Direktur SIGAB

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda.